Standar thyroid stimulating hormone untuk immunoradiometric assay

Misyetti and Rukmini Iljas and Entit Susilawati (1991) Standar thyroid stimulating hormone untuk immunoradiometric assay. In: Seminar Reaktor Nuklir dalam Penelitian Sains dan Teknologi Menuju Era Tinggal Landas, 8-10 Oktober 1991, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Inawati Tanto_PSTNT_1991.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Inawati Tanto_PSTNT_1991.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Preparasi suatu standar ditentukan oleh penggunaan standar itu sendiri. Pada tahun 1924 perserikatan beberapa negara sudah menentukan preparasi standar untuk bioassay.Pada tahun 1968 WHO Expert Committee on Biologicsl Standerdization mengatakan bahwa standar untuk bioassay tidak sesuai digunakan untuk radioinnunoassay. Oleh. karena itu sebelum pembuatan suatu standar perlu diketahui untuk apa standar itu akan digunakan.Dalam pembuatan suatu standar perlu diperhatikan pelarut,larutan pengencer serta bahan material yang digunakan. Dalam percobaan ini pembuatan standar TSH untuk IRMA dicoba menggunakan serum kuda sebagai pengencer. Untuk vi kualitas dan standardisasi digunakan produk Netria sebagai pembanding. Hasilnys dievaluasi dari perbandingan kurva stan-dar dan hail penentuan terhadap beberapa cuplikan. Untuk menentukan kondisi penyimpanan, dilakukan pengujian dengan menyimpan standar tersebut pada beberapa kondisi yaitu dalam bentuk padat dan cair pada temperatur kamar, -20 °C, 4 °C dan 37 °C. Kestabilan dari setiap kondisi penyimpanan tersebut ditentukan setiap dua bulan dengan menggunakan metode IRMA. Hasil percobaan menunjukkan bahwa standar yang dibuat memberikan hasil penentuan yang sesuai dengan standar Netcia yang berarti bahwa serum kuda dapat digunakan sebagai pengencer. Dari uji kestabilan, kondisi penyimpanan yang baik adalah pada 4 °C meliputi kedua bentuk tersebut yaitu padat dan cair, sehingga sampai satu tahun masih memberikan hasil penentuan yang baik.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Kedaruratan Radiasi
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Radiasi dan Kesehatan kerja > Kedaruratan Radiasi
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Lingkungan > Keselamatan Radiasi Lingkungan
Taksonomi BATAN > Keselamatan dan Keamanan Nuklir > Keselamatan Lingkungan > Keselamatan Radiasi Lingkungan
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 04 Aug 2023 08:06
Last Modified: 04 Aug 2023 08:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/17016

Actions (login required)

View Item
View Item