Joni (2022) Analisis variasi diameter main jet terhadap unjuk kerja motor bensin silinder tunggal. G-TECH: Jurnal Teknologi Terapan, 6 (2): 37. pp. 413-425. ISSN 2580-8737
Jurnal_Joni_Universitas Cendrawasih_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (493kB) | Preview
Abstract
Dalam penelitian ini pengujian pada motor bensin empat langkah satu silinder berpendingin udara, dimulai dari diameter main jet standar 0,72 dan variasi main jet dengan diameter 0,78, 0,85 dan 0,95 mm. Pengujian dilakukan secara wide open throttle sekitar 75% bukaan katup gas (kurang lebih 1600 rpm tanpa beban) dengan dinamometer. Pengambilan data untuk satu pengujian dilakukan selama 100 detik dengan memberi pembebanan air masuk dinamometer pada peralatan uji TecQuipment VDAS. Hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa, penggunaan variasi main jet pada motor bensin empat langkah silinder tunggal dapat meningkatkan torsi, daya efektif, tekanan efektif rata-rata, dan effisiensi thermal mesin, dan menaikan konsumsi bahan bakar (sfc). Nilai optimal terdapat pada penggunaan variasi main jet 0,95 dibanding main jet standar (0,72) dengan persentase kenaikan rata-rata yaitu daya sebesar 5,42%, torsi sebesar 0,91%, Sfc sebesar 24,98%, bmep sebesar 0,91%, sedangkan efisiensi thermal mengalami penurunan terendah pada mainjet 0,95 sebesar 40%.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diameter main jet, Motor bensin, Konsumsi bahan bakar, Efisiensi termal, Daya efektif |
Subjects: | Industrial & Mechanical Engineering > Tooling, Machinery, & Tools |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 22 May 2023 08:18 |
Last Modified: | 22 May 2023 10:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16897 |