Analisis sentimen ciutan twitter terkait penerapan Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 menggunakan textblob dan support vector machine

Yesy, Afrillia and Lidya, Rosnita and Deassy, Siska (2022) Analisis sentimen ciutan twitter terkait penerapan Permendikbudristek Nomor 30 tahun 2021 menggunakan textblob dan support vector machine. G-TECH: Jurnal Teknologi Terapan, 6 (2): 34. 387 -394. ISSN 2580-8737

[thumbnail of Jurnal_Yesy Afrillia_Universitas Malikussaleh_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Yesy Afrillia_Universitas Malikussaleh_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (315kB) | Preview

Abstract

Di era yang serba digital segala aspek penerapan suatu kebijakan oleh pemerintah menjadi topik yang banyak dibicarakan dijejaring media sosial terutama Twitter. Salah satunya topik terkait Penerapan Permendikbud Nomor 30 Tahun 2021. Pada tweet dapat dilakukan analisis sentimen untuk mengetahui tanggapan masyarakat terhadap penerapan Permendikbud PPKS dengan melakukan identifikasi dan mengkategorikan polaritas teks untuk menentukan text tersebut memiliki nilai positif atau negatif. Model sistem bertujuan sebagai evaluasi pihak pemerintah dalam tindaklanjut dari penetapan kebijakan. Pengumpulan data yang diambil dari twitter dengan hash tag kesetaraan gender, kekerasan seksual, dan PPKS berjumlah 159 data. Pembagian data latih dan data uji mengunakan rasio 70:30 secara acak oleh sistem. Untuk data latih digunakan sebanyak 111 data, sedangkan data uji digunakan sebanyak 48 data. Berdasarkan hasil pengujian dengan textblob yang dibantu dengan menggunakan algoritma Support Vector Machine menggunakan data uji sebanyak 48 data dengan 34 data positif, dan 14 data negatif, mendapatkan akurasi sebesar 70,8%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gender, Twitter, Permendikbudristek, PPKS
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Administration & Management > Public Administration & Government
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 May 2023 08:14
Last Modified: 22 May 2023 08:14
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16888

Actions (login required)

View Item
View Item