Sistem pendukung keputusan penerima dana bantuan rumah tidak layak huni menggunakan metode multi attribute utility theory (MAUT)

Abduloh, Abduloh and Gunawansyah, Gunawansyah (2022) Sistem pendukung keputusan penerima dana bantuan rumah tidak layak huni menggunakan metode multi attribute utility theory (MAUT). G-TECH: Jurnal Teknologi Terapan, 6 (2): 15. pp. 211-220. ISSN 2580-8737

[thumbnail of Jurnal_Abduloh_Universitas Sangga Buana_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Abduloh_Universitas Sangga Buana_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (552kB) | Preview

Abstract

Bantuan rumah tidak layak huni merupakan salah satu program pemerintah untuk penanggulangan kemiskinan dari segi kebutuhan tempat tinggal. Keputusan terhadap masyarakat di desa Wangunjaya yang akan menerima bantuan hanya didasarkan pada laporan rukun tetangga (RT) dan diskusi antara kepala masyarakat dan aparat pemerintah desa. Hasil konsultasi dipertanyakan oleh beberapa pihak karena ada kecenderungan kuat terhadap unsur-unsur subjektif yang dapat menimbulkan kecemburuan sosial di antara mereka yang tidak menerima bantuan. Oleh karena itu perlu dibuat aplikasi sistem pendukung keputusan penerima dana bantuan rumah tidak layak huni menggunakan metode Multi Attribute Utility Theory. Dengan menggunakan metode tersebut sistem dapat menghasilkan data yang lebih objektif, dan perhitunganya dapat dilihat oleh semua orang. Sistem telah diuji dengan menggunakan black box hasil akhir menyatakan bahwa fungsionalitas sistem berfungsi dengan baik dan hasil rata-rata kuesioner untuk seluruh pertanyaan adalah 89% Sangat Setuju, menyatakan bahwa sistem sudah siap dan mudah untuk digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Sistem pendukung keputusan, Penerima bantuan, Rutilahu, MAUT
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Urban & Regional Technology & Development > Housing
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 19 May 2023 03:29
Last Modified: 19 May 2023 03:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16777

Actions (login required)

View Item
View Item