Game edukasi untuk anak tunagrahita berbasis android pada materi perkalian berdasarkan aspek Gender Equity dan Social Inclusion (GESI)

Ferawati, Ferawati and Fiqih, Hana Saputri (2022) Game edukasi untuk anak tunagrahita berbasis android pada materi perkalian berdasarkan aspek Gender Equity dan Social Inclusion (GESI). G-TECH : Jurnal Teknologi Terapan, 6 (2): 5. pp. 127-135. ISSN 2580-8737

[thumbnail of Jurnal_Ferawati_Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ferawati_Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (684kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran game edukasi Fun Math materi perkalian untuk anak tunagrahita. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4D yaitu: define, design, develop and disseminate. Analisis data untuk mendapatkan kelayakan game Fun Math indikator yang dinilai yaitu kevalidan dan kepraktisan pada game yang dikembangkan. Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) hasil validasi oleh ahli menunjukkan bahwa media game edukasi yang dikembangkan termasuk dalam kategori sangat valid dengan nilai sebesar 92%. (2) hasil respon siswa didapatkan setelah game Fun Math diujicobakan sehingga dikategorikan yaitu sangat praktis dengan perolehan hasil skor respon siswa sebesar 88%. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran game edukasi Fun Math layak digunakan untuk anak tunagrahita.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Mentally disabled, Multiplicity, Educational games
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 May 2023 08:19
Last Modified: 17 May 2023 08:19
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16737

Actions (login required)

View Item
View Item