Thomas, Aquino A. S. and Manstuetus, Gare (2022) Upaya pengendalian pergerakan kendaraan pada Simpang Patung Marilonga Ende. Jurnal Ilmiah VASTUWIDYA, 5 (1): 4. pp. 32-35. ISSN 2620-3448
Jurnal_Thomas Aquino A. S_Universitas Flores_2022-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (312kB) | Preview
Abstract
Simpang Patung Pahlawan Marilonga Ende, merupakan Simpang strategis karena mempertemukan pergerakan lalu lintas menerus jalan Trans Floresr dengan lalu lintas lokal. Namun kinerja simpang saat ini sudah mendekati kapasitas dengan nilai DS 0,75 (La Tuga, 2019). Kondisi ini akan mengganggu pergerakan lalu lintas utama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa upaya pengendalian lalu lintas melalui pembatasan pergerakan kendaraan. Upaya pengendalian pergerakan lalu lintas akan dianalisa dengan membandingkan nilai derajat kejenuhan eksisiting dan adanya upaya pengendalian. Analisa pengendalian simpang berdasarkan pedoman MKJI,1997. Hasil analisis menyatakan bahwa upaya pengendaian yang dilakukan berhasil mendapatkankan kinerja Simpang pada kondisi stabil. Hal ini dapat ditunjukan melalui penurunan arus lalu lintas dari 1.420,4 smp/jam menjadi 1.346,1 smp/jam atau berkurang 5,5%. Perubahan lainya yakni bertambahnya kapasitas simpang dari 1.881,05 smp/jam menjadi 2.213,37 smp/jam, naik sebesar 17,76%. Indikator pengendalian lebih jelas ditunjukan oleh nilai DS yang semula berada pada angka 0,76 menurun menjadi 0,60 (terjadi penurunan nilai DS sebesar 26%).
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Arus lalu lintas, Derajat kejenuhan, Pengendalian, Simpang |
Subjects: | Urban & Regional Technology & Development > Transportation & Traffic Planning |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 17 May 2023 04:31 |
Last Modified: | 17 May 2023 04:31 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16686 |