ANALISIS DESAIN DAN UJI KINERJA STT-MBE BASIS TRAFO

Darsono, Darsono and Saeffurochman, Saeffurochman and Darmawan, Rian Suryo (2012) ANALISIS DESAIN DAN UJI KINERJA STT-MBE BASIS TRAFO. Ganendra, 15 (2). pp. 93-103. ISSN p-ISSN: 1410-6957, e-ISSN: 2503-5029

[thumbnail of ANALISIS DESAIN DAN UJI KINERJA STT-MBE BASIS TRAFO]
Preview
Text (ANALISIS DESAIN DAN UJI KINERJA STT-MBE BASIS TRAFO)
19-39-1-SM.pdf - Published Version

Download (592kB) | Preview

Abstract

ANALISIS DESAIN DAN UJI KINERJA STT-MBE BASIS TRAFO. Telah dilakukan analisis desain dan uji kinerja STT-MBE berbasis transformator (trafo) 3 fase untuk menentukan penyebab spesifikasi teknis tidak dicapai pada uji kinerja. Metode analisis dilakukan dari tiga aspek. Pertama analisis dokumen desain dan konstruksi menggunakan standar IEC/SNI dan handbook trafo ABB untuk mengetahui kesesuaian komponen desain. Kedua, simulasi desain trafo menggunakan program VIZIMAG untuk mengetahui kebenaran perhitungan analitik desain. Ketiga, melakukan uji tegangan dadal komponen konstruksi padat dan insulasi oli untuk mengetahui desain keamanan tata letak komponen tegangan tinggi STT. Berdasarkan analisis pertama ternyata hampir 30% bahan komponen STT tidak memenuhi standar trafo. Dari analisis kedua ternyata perhitungan analitik desain trafo sudah benar. Berdasarkan analisis ketiga ternyata tegangan dadal oli terukur 3 kali lebih kecil dari asumsi desain keamanan, sedangkan struktur fleksiglas bisa digunakan karena mempunyai tegangan dadal 45 kV/mm dan flashover 60 kV pada jarak 1 cm. Dari hasil review dokumen desain, hasil analisis eksperimen tegangan dadal dan flashover serta dari simulasi analisis desain trafo terungkap bahwa penyebab utama spesifikasi STT-MBE tidak dicapai, karena asumsi angka keamanan desain tata letak komponen STT sebesar 2 kali tegangan dadal oli trafo adalah aman. Berdasarkan analisis ini dapat disimpulkan bahwa trafo tidak dapat dioperasikan sesuai spesifikasi teknis, namun dengan perbaikan tata letak komponen STT di dalam bejana oli diharapkan dapat dioperasikan sampai 260 kV.

Kata kunci : trafo, STT, analisis desain, kinerja, MBE.

Item Type: Article
Subjects: Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Mekanik dan Struktur > Mekanik
Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Mekanik dan Struktur > Mekanik
Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Mekanik dan Struktur > Sipil dan Arsitektur
Taksonomi BATAN > Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir > Mekanik dan Struktur > Sipil dan Arsitektur
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Akselerator
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Akselerator
Depositing User: Administrator Repository
Date Deposited: 15 May 2018 06:13
Last Modified: 31 May 2022 09:21
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item
View Item