Analisis pengaktifan netron unsur runutan dalam cuplikan air permukaan setelah kopresipitasi menggunakan dibenzilditiokarbamat

Achmad, Hidayat (1991) Analisis pengaktifan netron unsur runutan dalam cuplikan air permukaan setelah kopresipitasi menggunakan dibenzilditiokarbamat. In: Seminar Reaktor Nuklir dalam Penelitian Sains dan Teknologi Menuju Era Tinggal Landas, 8-10 Oktober 1991, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Achmad Hidayat_PSTNT_1991.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Achmad Hidayat_PSTNT_1991.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Prekonsentrasi unsur runutan mempunyai persnan yang penting jika penentuan cara langsung tidak dapat dilaksanakan. Dengan prekonsentrasi, kepekaan Analisis Pengaktifan Netron (APN) bertambah tinggi. Metode prekonsentrasi yang digunakan adalah kopresipitasi menggunakan dibenzilditiokarbamat(DBDTK. Dengan kopresipitasi ini dimalsudkan untuk menentukan kandungan total As, Se, Sb dan unsur-unsur lain yang dapat terkopresipitasi pada kondisi yang sama. Kopresipitasi ini didasarkan pada pembentukan kompleks logam-DBDTK yang tidak larut dalam air. Kompleks tersebut disaring dengan kertss saring membran dan ditentukan dengan APN. Dengan mereduksi As(V), dan Sb(V) menjadi As (III) dan Sb (III) kandungan total unsur-unsur tersebut dapat ditentukan. Sedangkan untuk Se, Mo, U dan 2n proses reduksi tidek diperlukan. Pemakaian adisi standar yang berulang-ulang sering menyulitkan dalam menjage alat-alat yang dipakai bebas dari kontaminasi. Hasil analisis air kanal membuktikan bahwa tapa adisi standarkeberulangan hail yang tinggi telah dicapai untuk As, Se, Sb, Mo dan U.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Teknologi Reaktor > Kimia Reaktor
Taksonomi BATAN > Reaktor Nuklir > Teknologi Reaktor > Kimia Reaktor
Divisions: BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
IPTEK > BATAN > Pusat Sains dan Teknologi Nuklir Terapan
Depositing User: - mayang -
Date Deposited: 09 May 2023 06:06
Last Modified: 09 May 2023 06:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16304

Actions (login required)

View Item
View Item