Imas, Kanah and Dian, Mardiani (2022) Kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa melalui problem based learning dan discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 8. pp. 255-264. ISSN 2798-2904
Jurnal_Imas Kanah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (250kB) | Preview
Abstract
Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa ialah dengan melakukan inovasi pada model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Garut, metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Design dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematis dalam kategori tinggi dan sedang. Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada umumnya rendah dan sedang.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, Kemandirian belajar, Problem based learning, Discovery learning |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 May 2023 04:39 |
Last Modified: | 09 May 2023 04:39 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16259 |