Kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa melalui problem based learning dan discovery learning

Imas, Kanah and Dian, Mardiani (2022) Kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa melalui problem based learning dan discovery learning. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (2): 8. pp. 255-264. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Imas Kanah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Imas Kanah_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (250kB) | Preview

Abstract

Salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan kemandirian belajar siswa ialah dengan melakukan inovasi pada model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan kemandirian belajar siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Garut, metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Design dengan menggunakan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas X MIPA 7 sebagai kelas eksperimen 1 yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning. Siswa yang mendapatkan pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning mengalami peningkatan kemampuan komunikasi matematis dalam kategori tinggi dan sedang. Kemandirian belajar siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning pada umumnya rendah dan sedang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan komunikasi matematis, Kemandirian belajar, Problem based learning, Discovery learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 May 2023 04:39
Last Modified: 09 May 2023 04:39
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16259

Actions (login required)

View Item
View Item