Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari self confidence

Rati, Dalilan and Deddy, Sofyan (2022) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP ditinjau dari self confidence. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 13. pp. 141-150. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Rati Dalilan_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rati Dalilan_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (256kB) | Preview

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi atas rendahnya kemampuan berpikir kreatif yang dalah satunya disebabkan kurangnya self confidence siswa. Penelitian bertujuan menganalisis bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari self confidence. Penelitian deskriptif kualitatif ini melibatkan lima orang siswa kelas VIII di Desa Simpang Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut sebagai subjek penelitian. Instrumen yang digunakan berbentuk soal tes tertulis, Wawancara, dan Observasi. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa self confidence siswa mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Siswa yang mempunyai semua indikator self confidence cenderung memiliki satu indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu elaboration atau menguraikan secara runtut langkah penyelesaian masalah.Sedangkan siswa yang hanya mempunyai satu indikator self confidence cenderung tidak memiliki indikator kemampuan berpikir kreatif. Dengan demikian self confidence merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif matematis.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berpikir kreatif mMatematis, Self confidence, Siswa SMP
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 May 2023 05:15
Last Modified: 08 May 2023 05:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16206

Actions (login required)

View Item
View Item