Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran jarak jauh berbasis video

Dian Elyana, Elyana and Andhika, Ayu Wulandari and Ori, Bandiningaih Tri Mulyani (2022) Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran jarak jauh berbasis video. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 7. pp. 77-86. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Dian Elyana_Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Dian Elyana_Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (327kB) | Preview

Abstract

Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu media pembelajaran yang lebih menarik selama pembelajaran jarak jauh. Media pembelajaran yang menarik seperti video sangat diperlukan dalam pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan meningkatkan prestasi belajar matematika dalam pembelajaran jarak jauh berbasis video. Subjek penelitian, yaitu siswa kelas XII IPS pada salah satu SMA di Tawangsari. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tugas sebelum dan sesudah tindakan. Tindakan terdiri dari dua siklus, yaitu siklus 1 dan siklus 2. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), pengamatan (observing), dan Refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 diperoleh rata-rata skor 82,11 dan pada siklus 2 diperoleh rata-rata skor 87,51, sehingga terdapat peningkatan prestasi belajar dari siklus 1 ke siklus 2. Pembelajaran jarak jauh berbasis video terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran jarak jauh, Prestasi belajar matematika, Video pembelajaran
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 May 2023 05:06
Last Modified: 08 May 2023 05:06
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16187

Actions (login required)

View Item
View Item