Uji coba pengaruh penutupan permukaan air oleh eceng gondok (Eichornia crassipes) terhadap pertumbuhan ikan di Danau Tempe (Sulsel)

Irin lriana Kusmini and Supriyono Eko Wardoyo and Fadlil Rasyid (2002) Uji coba pengaruh penutupan permukaan air oleh eceng gondok (Eichornia crassipes) terhadap pertumbuhan ikan di Danau Tempe (Sulsel). Prosiding Pusat Riset Perikanan dan Budidaya. pp. 311-315.

[thumbnail of Prosiding_Irin_Pusris Perikanan Budidaya_2002_311-315.PDF]
Preview
Text
Prosiding_Irin_Pusris Perikanan Budidaya_2002_311-315.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pertumbuhan ikan nila (Tilapia nilotica) dalam budidaya sistem petak (pen culture) pada areal terbuka dan tertutup oleh tumbuhan air. Metode penelitian menggunakan Rancangan Acak Blok. Pada sistem pen culture yang terbuat dari kerangka bambu, terdiri dari dua petak dengan luas masing-masing 5 x 5m2, satu petak ditutupi tumbuhan air dan yang lain terbuka, dari tiga lokasi sebagai ulangan (blok). Hasil penelitian menunjukan rata-rata pertumbuhan harian ikan nila di daerah Sidrap (dua lokasi) yang tanpa tumbuhan (dipanen pada 67 dan 70 gram per ikan) lebih baik dari pada yang ada tumbuhannya (dipanen pada 62 dan 65 gram per ekor), sebaliknya untuk di daerah Soppeng (satu lokasi) yang tanpa tumbuhan (berat rata-rata ikan nila waktu panen 108, 75 gram per ikan) lebih kecil dari pada yang ada tumbuhannya (dipanen pada 122 gram per ikan). Setelah dianalisis secara statistic menunjukan bahwa pertumbuhan harian ikan nila antara yang tertutup tumbuhan air dan yang tidak (terbuka), tidak berbeda nyata.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Eichhornia crassipes, Water hyacinth, Growth, Morphology (Animals), Tempe Lake
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Divisions: OR Kebumian dan Maritim > Perikanan
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 08 May 2023 03:27
Last Modified: 10 May 2023 04:30
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16175

Actions (login required)

View Item
View Item