Alternatif model pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bila dan Walanae dan implikasinya terhadap produktivitas Danau Tempe

lrin, lriana Kusmini and Lies, Emmawati Hadie and Supriyono, Eko Wardoyo and Wartono, Hadie (2002) Alternatif model pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS) Bila dan Walanae dan implikasinya terhadap produktivitas Danau Tempe. In: Seminar Nasional Limnologi II.

[thumbnail of Prosiding_Irin_Pusris Perikanan Budidaya_2002_88-93.PDF]
Preview
Text
Prosiding_Irin_Pusris Perikanan Budidaya_2002_88-93.PDF

Download (1MB) | Preview

Abstract

Danau Tempe terletak di Sulawesi Selatan dan berada di wilayah Kabupaton Wajo, Sihrap dan Soppeng. Sungai besar yang masuk ke D Tempe adalah S Bila dan S Walanae, dan sunqai yang keluar dari D Tempe adalah S Cenranae Kedalaman dan luasan D Tempe tampak berkurang yang diduga karena pendangkalan. Pendangkalan ini terjadi sobagai akibat gundulnya hutan-hutan di sepanjang DAS (Daerah Alran Sunqai) Bila dan Walana Keadaan fisik danau yang % kurang lebih 80-90 telah ditutupi oleh tumbuhan air, dapat pula mempercepat proses pendangkalannya. Salah satu alternatif model penqelolaan untuk memperbaiki kondisi porairan D Tempe yaitu dengan mempertahankan ketinggian air permukaan (Team Jepang, 1974 dalam Suwigyo, 1978) Model pengelolaan yang disulkan adalah dengan membuat da unit bendunqan serbaguna yang dilengkapi dengan sarana ingasr pada baqian hul S Bila an S Walanao dan satu unit bendugan pengatur ch baqian mult D Tempe Model pengelolaan semacam it selain membantu ikan mtuk mempertahankan luas perairan danau juga akan pengembangan budifaya cd keramba pad DAS Cenranae, karena sungai int menupakan sungai yanq menampunq outlet c dan D Tempe Perkembangan budidaya ikan di keramba akan memberikan implikasi positif bag D Tempe, oleh karena tekanan penangkapan oleh petani....pendapatan petani dapat meningkat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Daerah aliran sungai, Danau, Pengelolaan, Produktivitas
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Agriculture & Food
Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 11 May 2023 12:41
Last Modified: 11 May 2023 12:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16172

Actions (login required)

View Item
View Item