Penyelesaian soal cerita pada siswa diskalkulia ditinjau dari teori bruner dengan metode drill

Sadana, Aura Diva and Jayanti, Putri Purwaningrum (2022) Penyelesaian soal cerita pada siswa diskalkulia ditinjau dari teori bruner dengan metode drill. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1): 1. pp. 1-16. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Sadana Aura Diva_Universitas Muria Kudus_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sadana Aura Diva_Universitas Muria Kudus_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (316kB) | Preview

Abstract

Beberapa siswa SD mengalami kesulitan belajar. Diskalkulia adalah ketidakmampuan siswa dalam berhitung. Dengan demikian, upaya yang dapat dilakukan guru ialah menggunakan teori dan metode belajar yang mengarah kepada penanaman konsep yang melibatkan keaktifan siswa. Adapun teori yang dimaksud yaitu Teori Bruner dengan Metode Drill. Belajar menurut Bruner merupakan suatu proses aktif yang memungkinkan manusia untuk mengekplorasi hal yang dianggapnya baru. Sedangkan Metode Drill merupakan penyajian materi yang dilakukan secara berulang. Sehingga tujuan penulisan ini adalah menambah wawasan mengenai penerapan Teori Bruner berbantuan Drill untuk siswa diskalkulia. Adapun metode penulisan yang digunakan merupakan telaah pustaka mengenai diskalkulia, Teori Bruner, dan Metode Drill. Belajar yang dapat melibatkan keaktifan siswa, apalagi untuk siswa diskalkulia yang kesulitan dalam menghitung. Penggunaan teori Bruner berbantu benda konkret dengan metode Drill akan memudahkan siswa dalam belajar terutama penyelesaian soal cerita pada materi Perkalian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Diskalkulia, Teori bruner, Metode drill, Operasi perhitungan, Pembelajaran matematika
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 May 2023 04:59
Last Modified: 08 May 2023 04:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item
View Item