Kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa melalui CTL dan SAVI

Ismawati Rahlan and Deddy Sofyan (2021) Kemampuan representasi dan disposisi matematis siswa melalui CTL dan SAVI. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3): 10. pp. 493-504. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Ismawati Rahlan_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ismawati Rahlan_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (299kB) | Preview

Abstract

Fakta menunjukkan kemampuan representasi dan disposisi matematis yang penting dimiliki siswa masih rendah dan perlu ditingkatkan. Misalnya dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI). Tujuan penelitian untuk menganalisis perbedaan kemampuan representasi dan disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran CTL danSAVI.Metode penelitian adalah kuasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VIII salah satu SMP Negeridi Garut. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-H sebanyak 32 siswa sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran CTL dan kelas VIII-I sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran SAVI. Instrumen penelitian berupa tes uraian dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dan peningkatan kemampuan representasi dan disposisi matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran CTL dengan SAVI.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Representasi matematis, Contextual teaching and learning, CTL, Somatic auditory Visualization Intellectually, SAVI.
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 07 May 2023 07:43
Last Modified: 12 May 2023 06:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16135

Actions (login required)

View Item
View Item