Dikri Maulana Rapsanjani and Teni Sritresna (2021) Kemampuan komunikasi matematis ditinjau dari self-efficacy siswa. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3): 9. p. 481. ISSN 2798-2904
Jurnal_Dikri Maulana Rapsanjani_Institut Pendidikan Indonesia garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (720kB) | Preview
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis penting dmiliki oleh siswa. Namun, pencapaiannya masih tergolong rendah. Hal ini terkait dengan self eficacy siswa. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari self efficacy. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di sebuah desa di kabupaten Garut dengan subjek penelitian yaitu tiga orang siswa SMP kelas IX yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah data hasil tes, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara kemampuan komunikasi matematis dan self eficacy siswa. Siswa dengan self efficacy tinggi lebih baik di bandingkan dengan self efficacy sedang dan rendah dalam penguasaaan kemampuan komunikasi matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan komunikasi matematis, Self efficacy, Statistika |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 07 May 2023 07:41 |
Last Modified: | 12 May 2023 03:48 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/16134 |