Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar di Kampung Gudang

Nadini, Rhamdania and Basuki, Basuki (2021) Kemampuan komunikasi matematis siswa SMP pada materi bangun ruang sisi datar di Kampung Gudang. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (3): 6. pp. 445-458. ISSN 2798-2904

[thumbnail of Jurnal_Nadini Rhamdania_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nadini Rhamdania_Institut Pendidikan Indonesia Garut_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (531kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis dan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika yang berdampak pada rendahnya kemampuan dalam menyelesaikan soal bangun ruang sisi datar yang menuntut kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematis. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian dilaksanakan di Kampung Gudang dengan sampel penelitiannya sebanyak 3 siswa SMP. Instrumen penelitian ini berupa tes uraian berjumlah lima soal dan wawancara untuk mendalami kesulitan siswa dalam mengerjakan soal. Hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa beberapa siswa belum memahami bentuk soal secara keseluruhan dan masih mengalami kesulitan dalam proses penyelesaian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bangun ruang sisi datar, Kemampuan komunikasi matematis
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 May 2023 12:40
Last Modified: 05 May 2023 12:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16131

Actions (login required)

View Item
View Item