Struktur komunitas ikan kaitannya dengan kegiatan penambangan emas rakyat di DAS Ansalak Kabupaten Landak, Kalimantan Barat

Sriati and Rezki Lestari Arief and Yayat Dhahiyat (2002) Struktur komunitas ikan kaitannya dengan kegiatan penambangan emas rakyat di DAS Ansalak Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Seminar Nasional Limnologi II.. pp. 154-163.

[thumbnail of Prosiding_Driati_Fak Pertanian_UNPAD_2002_154-163.PDF]
Preview
Text
Prosiding_Driati_Fak Pertanian_UNPAD_2002_154-163.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian dilakukan di Sungai Ansalak, Kabupaten Landak Kalimantan Barat pada bulan November hingga Desember 2000 dengan menggunakan metode survei Lokasi Penelitian dibagi menjadi enam stasiun pengamatan yaitu I) Keronang (lokasi yang belum tercampur limbah). fl) Taboyo (lokasi awal masuknya limbah), III) Lonjengan Pohong (lokasi masuknya limbah), IV) Tengkuning hulu (lokasi pencampuran limbah), Tengkuning hilit (lokasi pencampuran limbah) Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi yang belum tercampur limbah dan lokasi awal masuknya limbah serta salah satu lokasi pencampuran limbah (Tengkuning hulu) menunjukkan kestabilan lingkungan yang tinggi dengan pembagian sumberdaya yang cukup merata Pada lokasi masuknya limbah dan lokasi pencampuran limbah Tengkuning hilir menunjukkan kondisi ekosistem yang sedang mengalami gangguan dengan pembagian sumberdaya yang tidak merata serta adanya dominasi dari spesies tertentu Berdasarkan kelimpahan ikan, pada tingkat kesamaan 60%. lokasi yang belum terkena limbah, lokasi awal masuknya limbah. dan lokasi pencampuran limbah Tengkuning hilir berbeda dari lokasi masuknya limbah dan lokasi pencampuran limbah Tengkuning hulu. Berdasarkan parameter fisik-kimiawi perairannya pada tingkat kesamaan 99.6% lokasi yang berbeda adalah perairan pada lokasi yang belum tercampur limbah.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Struktur komunitas ikan, Sungai Ansalak, Kabuapaten Landak Kalimantan Barat.
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 12 May 2023 06:52
Last Modified: 12 May 2023 06:56
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16078

Actions (login required)

View Item
View Item