Peran pengembangan sistem reservat dalam pengelolaan berkelanjutan sumberdaya perikanan perairan darat

Dede Irving Hartoto (2002) Peran pengembangan sistem reservat dalam pengelolaan berkelanjutan sumberdaya perikanan perairan darat. Seminar Nasional Limnologi II.. pp. 273-296.

[thumbnail of Prosiding_Dede Irving_Puslit Limnologi_2002_273-296.PDF]
Preview
Text
Prosiding_Dede Irving_Puslit Limnologi_2002_273-296.PDF

Download (6MB) | Preview

Abstract

Gagasan mulia persamaan hak antar generasi untuk memanfaatkan sumberdaya, yang secara populer dirujuk sebagai Pembangunan Berkelanjutan (PB) afau Sustainable Development, dimensi sebenarya mencakup tiga utama yaitu dimensi economic viability, dimensi socio politic acceptability dan dimensi environmental compatibility. Pengelolaan perikanan porairan darat selayaknya mencakup semua keputusan dan tindakan yang berkaitan dengan sumberdaya, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terkait dan untuk melestarikan keanekaragaman plasma nutfah sumberdaya perikanan. Pengembangan sistem suaka perikanan darat adalah salah satu perangkat pengelolaan perikanan perairan darat. Reservat atau Suaka Perikanan dapat didefinisikan sebagai suatu perairan, baik bahari atau air tawar, yang mempunyai bagian-bagian yang ikannya tidak boleh ditangkap oleh siapapun, kapanpun dengan cara apapun. Pengembangan suaka perikanan perairan darat modern ditunjukkan dapat memenuhi kedua tujuan tersebut diatas dan sekaligus juga merupakan contoh lain penerapan Strategi Pembangunan Berkelanjutan, Makalah ini akan menjelaskan secara garis besar landasan filosofis dan limnobiologis perlunya pengembangan sistem suaka perikanan, pengalaman dan alteratif penerapan sistem, potensi pengembangan kontribusinya untuk industri ekowisata dan naskah akademik petunjuk teknis pengelolaan, riset ilmiah yang masih diperlukan untuk pengembangan sistem suaka. Akan ditawarkan pula suatu skenario operasional pengembangan sistem suaka perikanan perairan darat di Indonesia.

Item Type: Article
Additional Information: validator: Sulis Naeni
Uncontrolled Keywords: pembangunan berkelanjutan;suaka perikanan;economic viability;sosio-political acceptability; environmental compatibility, ecotourism.
Subjects: Natural Resources & Earth Sciences > Limnology
Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture
Divisions: OR Kebumian dan Maritim > Limnologi_dan_Sumber_Daya_Air
Depositing User: Saepul Mulyana
Date Deposited: 12 May 2023 06:40
Last Modified: 12 May 2023 06:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/16071

Actions (login required)

View Item
View Item