Pelatihan dan pendampingan model SCL (student center learning) berbasis lesson study content learning loss di SDN 005 Tarakan

Kartini and Ucahyo Mas’an Al Wahid and Kadek Dewi Wahyuni Andari and Enditiyas Pratiwi and Roby Zolkarnaen Noer and Degi Alrinda Agustina and Donna Ramdhan (2022) Pelatihan dan pendampingan model SCL (student center learning) berbasis lesson study content learning loss di SDN 005 Tarakan. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (3): 19. pp. 733-740. ISSN 2599-0764

[thumbnail of Jurnal_Kartini_Universitas Borneo Tarakan_2022-19.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Kartini_Universitas Borneo Tarakan_2022-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran berpusat pada peserta didik (SCL) telah dirilis oleh pemerintah dengan variasi contoh sintaksis di setiap jenjang pendidikan dan cukup memberikan ruang bagi modifikasi, inovasi dan kreativitas namun belum banyak dilakukan oleh sekolah. Terkait kurangnya pelatihan dalam penerapan model student center learning yang menyebabkan minimnya perencanaan yang dituangkan pada rencana pembelajaran di Sekolah sehingga belum terlihat refleksi yang jelas dan cocok untuk dilaksanakan pada sekolah dasar di kota Tarakan. Tujuan pengabdian yaitu sebagai tindak lanjut sosialisasi dan penerapan model-model pembelajaran yang berpusat kepada siswa pada abad 21. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan secara daring berupa pemodelan flipped classroom serta untuk penerapan Lesson Study dilaksanakan kegiatan secara luring berdasarkan hasil brainstroaming analisis video. Sasaran dan target dalam permasalahan tersebut adalah sebagai berikut: 1) Brainstroaming penerapan model SCL; 2) Pendampingan pembuatan plan, do, see berbasis daring; 3) Monitoring dan evaluasi Learning Loss; 4) Pembentukan Grup WhatsApp konten Model SCL di sekolah. Hasil yang ditemukan pada saat pengabdian, yakni: 1) Pelatihan penerapan model pembelajaran perlu untuk dipelajari mengingat semakin berkembangan ilmu pengetahuan dan cara mendapatkan informasi; 2)Kesiapan peserta dalam mengikuti workshop cukup baik; 3) Beberapa peserta aktif konsultasi melalui Grup WhatsApp; 4) Peserta mampu mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditentukan mulai dari identifikasi model SCL sampai menerapkannya yang sesuai dengan media pembelajaran offline dan online. Simpulan pada hasil pengabdian yaitu pendidik mampu menentukan taksonomi bloom sesuai dengan materi dan karakteristik peserta didik melalui model pembelajaran berpusat pada peserta didik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Student center learning (SCL), Lesson study, Guru kelas
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 May 2023 03:00
Last Modified: 10 May 2023 14:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15936

Actions (login required)

View Item
View Item