Pemberdayaan keluarga dalam pengasuhan anak dengan parenting education dan optimalisasi peran guru dalam deteksi dini perkembangan anak di TK Aisyiyah Sukodono Sidoarjo

Hesty Widowati and Sri Mukhodim Faridah Hanum and Zaki Nur Fahmawati and Sekarlita Normaulida Anggraini (2022) Pemberdayaan keluarga dalam pengasuhan anak dengan parenting education dan optimalisasi peran guru dalam deteksi dini perkembangan anak di TK Aisyiyah Sukodono Sidoarjo. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (3): 16. p. 709. ISSN 2599-0764

[thumbnail of Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Hesty Widowati_Universitas Muhammadiyah Sidoarjo_2022-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (254kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid-19 merubah segala aktifitas di segala bidang termasuk bidang pendidikan. Pendidikan anak usia dini berperan penting dalam pembentukan mental dan karakter anak. Orang tua harus senantiasa memperbarui ilmunya agar mampu mendidik dan mengasuh anak sesuai usia dan perkembangan zaman. Selama masa pandemi, proses pembelajaran di TK Aisyiyah Sukodono sebagian besar dilakukan secara online, hal ini membuat orang tua merasa kesulitan dalam medampingi anak belajar dirumah, selain itu juga guru belum pernah mendapatkan pelatihan tentang deteksi dini perkembangan anak. Kegiatan ini bertujuan untuk mengotimalkan ketrampilan orang tua dalam mengasuh anak sesuai tahapan usia dan memberdayakan guru untuk dapat mendeteksi secara dini perkembangan anak didiknya. Metode Pengabdian dengan memberikan penyuluhan kepada wali murid TK Aisyiyah Sukodono Sidoarjo tentang positive parenting untuk mengoptimalkan potensi anak dan memberikan pelatihan deteksi dini tumbuh kembang anak dengan kuesioner pra skrining perkembangan (KPSP) pada guru TK Aisyiyah Sukodono Sidoarjo. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikuti oleh 23 wali murid dan 8 guru. Berdasarkan hasil penilaian sebelum mengikuti kegiatan parenting education sebagian besar wali murid (71%) memiliki pengetahuan yang kurang tentang pengasuhan anak, dan setelah mengikuti kegiatan, sebagian besar wali murid (54%) pengetahuan ibu tentang pengasuhan anak menjadi baik. Sedangkan untuk guru, sebelum pelatihan seluruhnya belum bisa menggunakan KPSP dan setelah pelatihan seluruhnya menjadi bisa menggunakan KPSP untuk deteksi dini perkembangan. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan orang tua tentang pengasuhan anak, kegiatan ini berdampak langsung bagi orang tua khususnya ibu karena mereka menjadi tahu kesalahannya selama ini dalam mengasuh anak sehingga ke depan dapat memperbaikinya serta para guru menjadi mampu melakukan deteksi dini perkembangan dengan KPSP dan akan menggunakan KPSP untuk deteksi dini adanya penyimpangan atau keterlambatan perkembangan anak didiknya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Deteksi dini perkembangan anak, Parenting, Pengasuhan anak
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 03 May 2023 03:10
Last Modified: 09 May 2023 12:46
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15929

Actions (login required)

View Item
View Item