Pemanfaatan mobile learning supervisi klinis bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur

Rugaiyah and Unifah Rosyidi and Desi Rahmawati and Siti Nabilah and Cecep Kustandi (2022) Pemanfaatan mobile learning supervisi klinis bagi guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah di Kecamatan Pulo Gadung Jakarta Timur. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (3): 15. pp. 698-708. ISSN 2599-0764

[thumbnail of Jurnal_Rugaiyah_Universitas Negeri Jakarta_2022-15.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Rugaiyah_Universitas Negeri Jakarta_2022-15.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (472kB) | Preview

Abstract

Era pandemi membawa kita berada pada situasi dengan tuntutan pembatasan sosial dan fisik, sehingga mau tak mau kepala sekolah dan pengawas harus mengubah strategi supervisi yang dilakukan kepada gurunya serta sekolah binaannya. Hal ini perlu dilakukan karena pembelajaran tidak lagi dilakukan secara tatap muka di dalam kelas melainkan secara daring, begitu pula dengan kegiatan supervisi klinis. Permasalahan yang ditemukan menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan supervisi klinis selama ini kurang optimal; (1) kepala sekolah belum mampu melaksanakan tugasnya secara efektif sebagai supervisor seperti memantau, membina dan bekerjasama dengan guru dalam melakukan perbaikan pembelajaran (2) guru belum memiliki keterampilan yang efektif dalam mengelola kelas dan memperbaiki proses pembelajaran (3) guru dan kepala sekolah belum terbiasa menggunakan mobile learning supervisi klinis guna membantu kegiatan supervisi dalam rangka peningkatan profesionalismenya. Kegiatan pelatihan berupa pengenalan dan pemanfaatan mobile learning supervisi klinis, praktek menggunakan mobile learning supervisi klinis, serta pendampingan dan evaluasi. Peserta pelatihan terdiri dari guru, kepala sekolah dan pengawas. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, pelatihan, dan focus group discussion (FGD). Setelah pelatihan, peserta mendapatkan pengetahuan baru tentang pemanfaatan mobile learning supervisi klinis, peserta mampu mempraktekkan tahapan-tahapan dalam memanfaatkan mobile learning supervisi klinis, dan berdasarkan hasil evaluasi, peserta berpendapat bahwa aplikasi ini penting dan relevan untuk digunakan di tengah kondisi pandemi covid 19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Mobile learning, Supervisi klinis, Pelatihan, Guru, Supervisor
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 03 May 2023 00:21
Last Modified: 09 May 2023 12:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15926

Actions (login required)

View Item
View Item