Firman, Mansir and Tumin, Tumin (2022) Pemberdayaan UMKM sebagai usaha meningkatkan kualitas pemasaran produk di Padukuhan Dukuhsari Wonokerto Turi Sleman. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (3): 11. pp. 656-664. ISSN 2599-0764
Jurnal_Firman Mansir_Univrsitas Muhammadiyah Yogyakarta_2022-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (222kB) | Preview
Abstract
Kegiatan pengabdian masyarakat KKN bertujuan untuk memberdayakan masyarakat UMKM dalam meningkatkan kualitas produk di tengah wabah Covid-19 melanda Indonesia. Faktanya memang berdampak kepada aspek ekonomi terkhusus UMKM menjadi stagnan. Akibatnya sebagian besar pelaku UMKM menjadi terhambat bahkan berakhir pada kebangkrutan. Penyebab inilah yang mewujudkan pelaku usaha UMKM untuk mengganti rencana penjualan melalui program digitalisasi. Program digitalisasi yang dimaksud yaitu dengan memaksimalkan market place dan menetapkan media sosial sebagai tata cara pemasaran. Di samping itu pelaku UMKM digital diwajibkan bisa bekerja sama dengan warganet ketika melakukan penjualan produk dan jasa. Dengan demikian rencana untuk melanjutkan keberlangsungan UMKM digital dapat menjadi salah satu prefensi dalam mengembangkan usaha di tengah wabah Covid-19.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | UMKM, Pemasaran produk, Media digital |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics Economics and Business > Minority Enterprises |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 02 May 2023 16:33 |
Last Modified: | 02 May 2023 16:33 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15919 |