Anita, Desiani and Nuni, Gofar and Yuli, Andriani and Irmeilyana, Irmeilyana and Annisa, Nabila and Fathona, Nur Muzayyadah and Fauzi, Yusuf Syarifuddin and M, Kahfi Aldi Kurnia (2022) Media sosial sebagai pemasaran digital untuk perajin kain songket di Desa Penyandingan. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (2): 30. pp. 555-565. ISSN 2599-0764
Jurnal_Anita Desiani_Universitas Sriwijaya_2022-30.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (373kB) | Preview
Abstract
Desa Penyandingan merupakan bagian dari Kabupaten Ogan Ilir Kecamatan Indralaya. Perajin songket merupakan mata pencarian utama selain petani, dan pedagang di desa Penyandingan. Hampir 90% wanita di desa Penyandingan merupakan perajin songket. Kesulitan perajin songket adalah dalam hal pemasaran hasil kerajinan mereka pada masa pandemi Covid-19. Perajin memerlukan terobosan baru agar produk-produk mereka tersebar luas, salah satunya adalah memanfaatkan teknologi informasi seperti media sosial. Banyak pelaku ekonomi baik individu sampai kelompok menggunakan media sosial untuk memasarkan produk mereka. Sayangnya pengetahuan perajin songket desa Penyandingan masih kurang dalam memanfaatkan media sosial dalam pemasaran kain songket seperti promosi di Instagram, Whatsapp bisnis, dan Facebook bisnis. Dengan menerapkan pemanfaatan media sosial di dalam pemasaran kain songket desaPenyandingan dapat membantu meningkatkan pendapatan desa danmenyebar luaskan tentang kain songket desa Penyandingan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media sosial, Pemasaran, Songket |
Subjects: | Social and Political Sciences > Social Concerns Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 07:10 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 07:10 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15848 |