Implementasi Google for Education (GAFE) pada SDIT Al-Ittihad Rumbai untuk optimalisasi pembelajaran daring

Indah, Lestari and Shumaya, Resty Ramadhani and Muhammad, Arif Fadhly Ridha and Dwi, Listiyanti (2022) Implementasi Google for Education (GAFE) pada SDIT Al-Ittihad Rumbai untuk optimalisasi pembelajaran daring. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (2): 18. pp. 430-441. ISSN 2599-0764

[thumbnail of Jurnal_Indah Lestari_Politeknik Caltex Riau_2022-18.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Indah Lestari_Politeknik Caltex Riau_2022-18.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (505kB) | Preview

Abstract

Beberapa faktor eksternal seperti terjadinya bencana dan pandemi COVID-19 membatasi kegiatan pembelajaran di sekolah sehingga harus dilaksanakan secara daring. Guru membutuhkan sosialisasi bagaimana menggunakan teknologi untuk kelas pembelajaran daring dan sekolah harus menyediakan dukungan untuk itu. Oleh karena itu, pada pengabdian masyarakat ini dilakukan “Implementasi GAFE Pada SDIT AL-ITTIHAD Rumbai untuk Optimalisasi Pembelajaran Daring”. Aplikasi GAFE yang akan diajarkan meliputi: Google meeting, classroom, gsheet, gdocs, gslides, calender. Aplikasi ini dipilih karena gratis untuk institusi pendidikan. Selain itu Mitra pada PkM, yaitu Sekolah SDIT AL-ITTIHAD Rumbai juga dibantu pengurusan implementasi GAFE gratis dari Google. Koordinasi kegiatan ini menghasilkan 4 jenis luaran, yaitu: penerapan teknologi tepat guna berupa website profil sekolah, implementasi GAFE, bahan ajar dan workshop. Dari implementasi teknologi ini, diperoleh website profil sekolah dengan 4 menu utama dengan domain.sch.id, persetujuan Google untuk memberikan fasilitas GAFE kepada sekolah sehingga seluruh civitas sudah dapat memanfaatkan fasilitas GAFE gratis, bahan ajar berisi tutorial teknologi GAFE yang dapat digunakan guru mempelajari bagaimana penggunaan teknologi tersebut yang sebelumnya juga sudah dibimbing melalui kegiatan workshop. Dari kegiatan workshop kepada 34 peserta, yang terdiri dari Kepala Sekolah, Bagian Kurikulum dan guru-guru, diperoleh feedback 89.3% peserta merasa materi yang diajarkan sangat sesuai dengan kebutuhan, 85,7% peserta mengatakan bahwa program ini memberikan manfaat untuk penyelesaian masalah pembelajaran daring yang dihadapi, serta 75% peserta berpendapat penyampaian materi jelas, menarik dan mudah dipahami sehingga tujuan untuk pelaksanaan pembelajaran daring yang lebih optimal dapat tercapai.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Daring, GAFE, Google
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Apr 2023 04:45
Last Modified: 28 Apr 2023 04:45
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15813

Actions (login required)

View Item
View Item