Nurkholish, Majid and Nuruni, Ika Kusuma Wardani and Nanik, Hariyana (2022) Peningkatan ekonomi kreatif melalui branding di kawasan pesisir Desa Mojosari Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (2): 13. pp. 386-392. ISSN 2599-0764
Jurnal_Nurkholish Majid_UPN Veteran Jawa Timur_2022-13.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (271kB) | Preview
Abstract
Desa Mojosari, Kecamatan Puger, Kabupaten Jember memiliki sebuah Industri Rumahan yang digerakkan oleh Ibu-ibu PKK denganmengolah hasil laut menjadi kerupuk. Namun demikian usaha tersebut masih kurang berkembang dalam hal: 1) Kurangnya variasi dan diversivikasi produk 2) Pengemasan yang relatif sederhana, 3) Saluran distribusi pemasaran yang jangkauannya masih terbatas. Permasalahan akhirnya diberikan solusi dengan cara: 1) Meningkatkan nilai tambah makanan dan pendapatan produsen melalui variasi dan diversifikasi produk, 2) meningkatkan jangkauan saluran distribusi pemasaran produk 3) Memberikan alih pengetahuan tentang manajemen usaha. Metode pelaksanaan dengan: focus group discussion, demonstrasi dan praktik atau latihan. Hasilkan dari kegiatan antara lain:1) Peningkatan kualitas dan kuantitas produk makanan berbasis pangan lokal yang dihasilkan 2) Peningkatan ketrampilan dalam membuat diversifikasi olahan makanan hasil laut. 3) Peningkatan aktivitas pemasaran yang mampu meningkatkan penjualan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Industri rumahan, Pengembangan produk, Pemasaran, Manajemen usaha |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Economics and Business > Minority Enterprises |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 04:34 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 04:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15804 |