Sri, Suranta and Ari, Kuncara Widagdo and Renata, Zoraifi and Sulardi, Sulardi (2022) Optimalisasi pemasaran BUMDes “Lestari Jaya” dan UMKM Desa Sanggung Gatak Sukoharjo untuk meningkatkan omzet di masa pandemi. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (2): 10. pp. 357-364. ISSN 2599-0764
Jurnal_Sri Suranta_Universitas Sebelas Maret_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (300kB) | Preview
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian ini untuk meningkatkan pengembangan usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) melalui layanan pemberian jasa atau penyerahan produk baru BUMDes serta penggunaan metode pemasaran yang sesuai dengan usaha BUMDes dan UMKM. Kegiatan PKM difokuskan pada pengembangan usaha BUMDEs dan implementasi metode pemasaran BUMDes baik dengan metode konvensional maupun dengan melalui internet. Metode pengabdian yang dilakukan adalah: (1) survei pendahuluan untuk mendapatkan data dan informasi untuk mengetahui akar permasalahan, dan (2) memberikan solusi atas masalah dengan melakukan pelatihan pemasaran. Hasil yang dicapai adalah pengurus BUMDes dan UMKM dapat meningkat kompetensi pemasaran baik pemasaran konvensional maupun pemasaran berbasis internet. Simpulannya adalah pelatihan pemasaran dilakukan untuk meningkatkan kompetensi pemasaran baik pengurus BUMDEs maupun UMKM sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BUMDes, UMKM, Pemasaran |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 04:30 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 04:30 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15800 |