Tri, Candra Wulandari and Zaenal, Abidin (2022) Pendampingan pemanfaatan Google Classroom dalam pembelajaran online untuk guru MI Al Ma’arif 05 Banjararum. Jurnal ABDINUS: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (2): 8. pp. 342-348. ISSN 2599-0764
Jurnal_Tri Candra Wulandari_Universitas Islam Malang_2022-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (185kB) | Preview
Abstract
Pandemi Covid-19 yang melanda dunia dan Indonesia juga berimbas pada kegiatan pembelajaran di madrasah. Penguasan teknologi informasi saat ini sangat diperlukan oleh guru, perubahan yang siginifikan pada pembelajaran harus diimbangi dengan peningkatan skill guru dalam membuat inovasi pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan kondisi. Guru mengalami kesulitan dalam penyampaian materi dan keterbatasan memori untuk menyimpan dokumen hasil kerja siswa. Permasalahan yang dialami oleh guru di MI Al Ma’arif 05 Banjararum dapat diatasi, salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi Google Classroom. Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan melalui workshop dan pendampingan. Kegiatan workshop diikuti oleh 16 peserta yang terdiri dari 15 guru dan 1 kepala madrasah. Pada saat penyampaian materi tentang Google Classroom, guru langsung praktik membuat menginstal Google Classroom baik melalui HP maupun Laptop. Adanya kegiatan ini, guru memperoleh solusi dalam melaksanakan pembelajaran secara online. Kegiatan ini juga memberi dampak positif bagi guru MI Al Ma’arif 05 Banjararum dalam upaya pengingkatan kualitas pembelajaran terutama pada pembelajaran Online.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google classroom, Guru MI, Pembelajaran online |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 28 Apr 2023 04:26 |
Last Modified: | 28 Apr 2023 04:26 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15798 |