Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematik dan korelasinya dengan kemampuan awal siswa SMP

Ardiansyah, Ardiansyah and Endang, Wahyuningrum and Maman, Rumanta (2022) Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan penalaran matematik dan korelasinya dengan kemampuan awal siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 13. pp. 483-494. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Ardiansyah_SMPN 1 Tanjung Palas Tengah_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Ardiansyah_SMPN 1 Tanjung Palas Tengah_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (552kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh problem-based learning terhadap kemampuan penalaran matematik, dan korelasi kemampuan penalaran matematik dengan kemampuan awal siswa SMP. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, sampelnya diambil dua kelas secara random dari seluruh kelas VIII. Metode yang digunakan yaitu metode eksperimen, dimana instrumennya terdiri dari pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada data pretest tidak menunjukkan adanya perbedaan kemampuan penalaran matematika antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Hasil uji t pada data postest menunjukkan perbedaan kemampuan penalaran matematika antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada taraf signifikansi 5%. Pada uji korelasi Widespread Biserial menunjukkan adanya korelasi. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh problem-based learning terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa dan kemampuan awal siswa tidak membedakan peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa dan korelasinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan awal siswa, Kemampuan penalaran matematik
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 06:58
Last Modified: 26 Apr 2023 06:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15728

Actions (login required)

View Item
View Item