Regitanurvikasari, Regitanurvikasari and Padrul, Jana and Sitti, Mutia Umasugi (2022) Efektivitas model edutainment terhadap hasil belajar siswa kelas x di SMA Negeri 1 Gamping. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (3): 12. pp. 471-482. ISSN 2086-4280
Jurnal_Regitanurvikasari_Universitas PGRI Yogyakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (583kB) | Preview
Abstract
Penggabungan konsep Education dan Entertainment (Edutainment) dalam pembelajaran matematika dapat menjadi suatu solusi yang berdampak baik pada peningkatan hasil belajar matematika siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model edutainment dalam pembelajaran matematika terhadap aspek hasil belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental (The Nonequivalent Control Group Design). Populasi penelitian mencakup siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling, sehingga diperoleh dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pretest, posttest, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model Edutainment efektif terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran langsung juga efektif terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Sedangkan hasil komparasi pembelajaran matematika dengan model Edutainment dan model pembelajaran langsung adalah bahwa model Edutainment lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran langsung ditinjau dari aspek hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edutainment, Efektivitas, Hasil belajar |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 06:56 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 06:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15727 |