Abdul Jamil and Cholis Sa’dijah and Hery Susanto (2022) Media Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint terhadap hasil belajar siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 15. pp. 339-348. ISSN 2086-4280
Jurnal_Abdul Jamil_Universitas Negeri Malang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (648kB) | Preview
Abstract
Perubahan serentak dari pembelajaran clasical menjadi pembelajaran jarak jauh akibat pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran berbasis internet perlu dilakukan. Salah satu yang dinilai mudah dipahami yaitu kombinasi antara animasi Powerpoint dengan Google Classroom. Melalui bantuan animasi Power Point yang di sisipkan dalam aplikasi Google Classroom diharapkan membuat pembelajaran lebih atraktif. Penelitian ini berfokus pada pengaruh pembelajaran online menggunakan Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian yaitu kuantitatif berdesain quasy-experiment dengan post-test only control group design. Sampel penelitian yaitu siswa kelas XII IPA di salah satu SMA Negeri di Pamekasan dengan jumlah 5 siswa kelas eksperimen dan 5 siswa kelas kontrol. Sampel diperoleh dengan simple random sampling. Materi penelitian yaitu geometri ruang. Instrumen menggunakan teknik tes tulis, dan dianalisis dengan uji t. Hasil Penelitian menunjukkan pembelajaran online dengan Google Classroom berbantuan animasi PowerPoint berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Kombinasi Google Classroom dan animasi PowerPoint direkomendasikan pada pembelajaran online.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Google Classroom, Animasi PowerPoint, Hasil belajar |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 04:53 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 05:16 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15710 |