Pedagogical content knowledge guru dalam pembelajaran matematika daring

Diar Veni Rahayu and Dedi Muhtadi and Irwan Muhammad Ridwan (2022) Pedagogical content knowledge guru dalam pembelajaran matematika daring. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 10. pp. 281-292. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Diar Veni Rahayu_ Universitas Siliwangi Tasikmalaya_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Diar Veni Rahayu_ Universitas Siliwangi Tasikmalaya_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (957kB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat mendorong terjadinya pergeseran paradigma dalam proses pembelajaran matematika, di mana pembelajaran daring menjadi salah satu pilihan yang sering dilakukan. Hal tersebut berimplikasi pada adanya perubahan kerangka Pedagogical Content Knowledge (PCK) guru dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kerangka PCK guru dalam pembelajaran matematika daring. Penelitian ini menggunakan metode analisis konten yang digunakan untuk merancang kerangka konseptual PCK guru dalam pembelajaran matematika daring. Analisis konten yang dilakukan berupa literatur review dan penggalian data. Untuk penggalian data, digunakan instrumen berupa angket dan pedoman wawancara dengan subjek sebanyak lima orang guru matematika. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerangka PCK guru dalam pembelajaran matematika daring dapat diadaptasi dan dioperasionalkan dari model PCK Lannin yang meliputi: knowledge of instructional strategies for mathematics, knowledge of student understanding within mathematics, knowledge of curriculum for mathematics dan knowledge of assessment for mathematics. Guru sudah memiliki paradigma, kesiapan dan faktor pendukung yang cukup baik dalam melaksanakan pembelajaran matematika daring, namun masih belum optimal dalam kemampuan dan struktur tugas siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran matematika daring, Guru, Kerangka pedagogical ontent Knowledge; PCK
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:42
Last Modified: 26 Apr 2023 04:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15703

Actions (login required)

View Item
View Item