Toheri and Aliyah Kismeina and Alif Ringga Persada (2022) Keterampilan guru matematika Se-Kabupaten Kuningan dalam pemanfaatan platform pembelajaran online masa pandemic. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 9. pp. 269-280. ISSN 2086-4280
Jurnal_Toheri, Aliyah Kismeina, Alif Ringga Persada_IAIN Syekh Nurjati Cirebon_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (568kB) | Preview
Abstract
Permasalahan yang dihadapi pada masa pandemic COVID-19 mengharuskan pendidik melakukan kegiatan mengajar di rumah. Pendidik dituntut dapat menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk pembelajaran daring. Penilitian dilakukan untuk mengetahui keterampilan guru matematika dalam pemanfaatan platform pembelajaran online dan mengetahui bagaimana kualitas pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian mixed method yaitu menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 122 guru matematika se-Kabupaten Kuningan dengan jumlah 44 sekolah (9 negeri dan 35 swasta). Peneliti menggunakan teknik Cluster Random Sampling dengan sampel sebanyak 25 guru dari 10 sekolah (5 negeri dan 5 swasta). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan guru dalam konteks TIK masuk dalam kategori “Kurang Baik”. Kualitas pembelajaran cenderung menurun, dan nilai-nilai karakter menurun. Pencapaian siswa pada masa pandemic umumnya belum mencapai nilai KKM yang sudah ditentukan oleh sekolah. Hasil nilai rapor siswa juga cenderung fluktuatif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPACK, Pembelajaran online, Kualitas pembelajaran |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Apr 2023 03:30 |
Last Modified: | 26 Apr 2023 04:13 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15701 |