Tingkat pemahaman konsep siswa pada materi pola bilangan berdasarkan teori APOS

Novianti and Fika Widya Pratama (2022) Tingkat pemahaman konsep siswa pada materi pola bilangan berdasarkan teori APOS. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 6. pp. 237-246. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Novianti_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Novianti_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (807kB) | Preview

Abstract

Apabila guru dalam mengajarkan materi dapat berjalan dengan baik kemudian siswa dapat memahami isi materi tersebut maka fungsi pendidikan itu dapat dikatakan tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman konsep siswa pada materi Pola Bilangan dengan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah berdasarkan teori APOS. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan purposive sampling sebagai teknik dalam pengambilan sampel. Instrumen yang digunakan adalah peneliti itu sendiri sebagai instrumen utama, 2 soal materi Pola Bilangan, dan pedoman wawancara dengan jenis semiterstruktur. Sampel diambil dari siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga tahun ajaran 2019/2020 semester 2. Terdapat 3 subjek dengan masing-masing dipilih dari 3 kategori hasil belajar yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian pada subjek RU (subjek dengan hasil belajar tinggi) dan subjek RA (subjek dengan hasil belajar sedang) pemahaman konsepnya dapat memenuhi tahap aksi, proses, objek, dan skema. Sedangkan hasil penelitian pada subjek DE (subjek dengan hasil belajar rendah) pemahaman konsepnya hanya sampai tahap aksi dan proses.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: APOS, Hasil belajar, Pemahaman konsep, Pola bilangan
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:26
Last Modified: 26 Apr 2023 03:42
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15695

Actions (login required)

View Item
View Item