Kesesuaian buku teks matematika berdasarkan kurikulum 2013

Aan Nurhasanah and Rahayu Syafari and Ade Ratna Nurfaidah (2022) Kesesuaian buku teks matematika berdasarkan kurikulum 2013. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 5. pp. 227-236. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Aan Nurhasanah_Universitas Kuningan_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Aan Nurhasanah_Universitas Kuningan_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (552kB) | Preview

Abstract

Penggunaan dua buku sumber berbeda untuk kelas VI Sekolah Dasar, yaitu buku yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan oleh Swasta yaitu Quadra melatar belakangi dilakukannya penelitian. Tujuannya, untuk menganalilis kesesuaian buku yang digunakan berdasarkan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data berupa materi ajar matematika pada buku teks matematika kelas VI yang diterbitkan Kementerian Pendidikan dan Swasta. Pengumpulan data dilakukan malalui studi dokumentasi. Instrumen penelitian berupa lembar analisis yang disusun berdasarkan indikator pembelajaran matematika SD Kurikulum 2013. Hasil penelitian menunjukan persentase kesesuaian isi buku dengan kurikulum 2013 pada buku teks matematika terbitan swasta adalah 100%, sedangkan pada buku teks matematika terbitan Kementerian Pendidikan adalah 82,3%. Buku teks matematika kelas VI terbitan swasta lebih sesuai dengan kurikulum 2013 dan lebih direkomendasikan untuk digunakan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Analisis isi, Buku teks, Matematika SD, Kurikulum
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:26
Last Modified: 26 Apr 2023 03:48
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15692

Actions (login required)

View Item
View Item