Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam penyampaian materi menggunakan lembar kerja mahasiswa

Sari Muthia Silalahi (2022) Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam penyampaian materi menggunakan lembar kerja mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2): 4. pp. 215-226. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Sari Mutia Silalahi_Institut Teknologi Del Sitoluama_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Sari Mutia Silalahi_Institut Teknologi Del Sitoluama_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (678kB) | Preview

Abstract

Kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah masih sangat kurang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah (KPM) mahasiswa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan bantuan lembar kerja mahasiswa (LKM). Jenis penelitian yang digunakan melalui pendekatan yakni penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Objek penelitian adalah mahasiswa Diploma tingkat 1 Institut Teknologi Del yang berjumlah 120 Mahasiswa TA. 2020/2021 pada mata kuliah Matematika Diskrit. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan dianalisis melalui peningkatan analisis gain serta dilakukan wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian didapat bahwa ketuntasan belajar terjadi sebesar 66,80% dan peningkatan rata-rata KPM 19,47% dengan nilai gain 0,37 (sedang). Hal ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan KPM mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dan bantuan LKM dapat tercapai secara optimal. Hasil wawancara dan kuesioner mengatakan bahwa konten soal sangat baik dan memberikan pengaruh pemahaman materi yang cenderung lebih baik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, Lembar kerja mahasiswa, Penelitian tindakan kelas
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Apr 2023 03:27
Last Modified: 26 Apr 2023 03:54
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

View Item
View Item