Putri Ayu Loviasari and Helti Lygia Mampouw (2022) Profil pemecahan masalah matematika pada materi himpunan ditinjau dari self efficacy. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 7. pp. 73-84. ISSN 2086-4280
Jurnal_Putri Ayu Loviasari_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (664kB) | Preview
Abstract
Penelitian dilakukan karena fakta bahwa terdapat siswa yang belum mampu memecahkan masalah pada materi himpunan. Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan mendeskripsikan profil pemecahan masalah matematika siswa SMP terhadap materi himpunan ditinjau dari self efficacy. Subjek penelitian yaitu 3 siswa kelas VIII salah satu SMP Negeri di Salatiga. Instrumen utama adalah peneliti sendiri, didukung pedoman wawancara dan tes pemetaan pemecahan masalah. Hasil penelitian menunjukkan subjek berkemampuan tinggi dan sedang mampu merencanakan strategi penyelesaian soal dengan baik yang mempermudahnya menyelesaikan soal menentukan komplemen gabungan dan irisan dua himpunan, sedangkan subjek berkemampuan rendah belum mampu; subjek berkemampuan tinggi, sedang maupun rendah memiliki rasa optimis dan keyakinan pada diri yang tinggi; subjek berkemampuan tinggi, sedang dan rendah konsisten, ulet dan tekun dalam menyelesaikan soal; subjek berkemampuan tinggi dan sedang mampu menjadikan kesalahan sebelumnya sebagai pedoman untuk mencapai keberhasilan dalam penyelesaian soal, sedangkan subjek berkemampuan rendah kurang mampu. Hasil ini memberikan gambaran bahwa subjek ketiga tidak memiliki self efficacy yang berbeda secara signifikan meskipun kemampuan pemecahan masalah berbeda-beda.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Himpunan, Pemecahan masalah, Self efficacy |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 04:44 |
Last Modified: | 25 Apr 2023 01:38 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15661 |