Mengeksplor penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan gender

Nurul Aini and Eny Suryowati (2022) Mengeksplor penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan gender. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (1): 6. pp. 61-72. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Nurul Aini_STKIP PGRI Jombang_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Nurul Aini_STKIP PGRI Jombang_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (604kB) | Preview

Abstract

Penalaran spasial penting untuk dibangun dan dikembangkan karena membantu siswa dalam memahami suatu konsep geometri. Namun, penalaran spasial siswa tahap operasional konkret masih jarang diteliti, sedangkan ditahap tersebut merupakan awal anak dalam memahami geometri. Tujuan penelitian adalah mengeksplor penalaran spasial siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan gender. Jenis penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pendukung yaitu lembar tugas penalaran spasial dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data dengan menggunakan tes dan wawancara. Responden dari siswa kelas 5 MI Al-Asy'ari Keras Diwek Jombang sejumlah 28 siswa, lalu subjek penelitian diambil 1 laki-laki dan 1 perempuan berdasarkan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan siswa laki-laki lebih dominan dalam visualisasi spasial, siswa perempuan lebih dominan dalam orientasi spasial. Namun, pada rotasi spasial memiliki kemampuan penalaran spasial yang sama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Gender, Penalaran spasial, Soal geometri
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Apr 2023 04:41
Last Modified: 25 Apr 2023 01:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15660

Actions (login required)

View Item
View Item