Meta Yulia Sari and Erlina Prihatnani (2021) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah dari penerapan problem solving dan problem posing pada siswa SMA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 12. 471 -482. ISSN 2086-4280
Jurnal_Meta Yulia Sari_Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (609kB) | Preview
Abstract
Pentingnya kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika belum diikuti dengan pencapaian yang baik. Penelitian ini bertujuan menerapkan model pembelajaran Problem Solving dan Problem Posing serta menguji ada tidaknya perbedaan kemampuan pemecahan masalah dari kedua model tersebut. Penelitian dilaksanakan pada kelas X salah satu SMA Negeri di Salatiga dengan materi trigonometri. Sampel sebanyak 53 siswa, terbagi dalam dua kelompok eksperimen. Penelitian ekperimen semu ini menggunakan desain randomaized control group pretest-postest design, dengan instrumen berbentuk tes kemampuan pemecahan masalah dan lembar observasi. Analisis data menggunakan kovariansi pada taraf signifikan
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah, Problem posing, Problem solving, Trigonometri |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 20 Apr 2023 04:26 |
Last Modified: | 25 Apr 2023 00:35 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15651 |