Penerapan video media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat

Lia, Budi Tristanti and Wiwik, Ernawati and Wiwin, Sri Hidayati (2021) Penerapan video media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10 (3): 7. pp. 413-424. ISSN 2086-4280

[thumbnail of Jurnal_Lia Budi Tristanti_STKIP PGRI Jombang_2021.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Lia Budi Tristanti_STKIP PGRI Jombang_2021.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (651kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran matematika dengan media video pada materi penjumlahan bilangan bulat dan kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan bulat sebelum dan sesudah pemanfaatan media video materi penjumlahan bilangan bulat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Sebelum melaksanakan penelitian, video media pembelajaran penjumlahan bilangan bulat telah divalidasi dan dinyatakan layak digunakan oleh ahli materi dan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menjumlahkan bilangan bulat sebelum dan sesudah pemanfaatan media video terdapat perbedaan yang cukup signifikan yaitu dari 0% menjadi 96%. Artinya sebelum penerapan media video pembelajaran tidak ada siswa yang memenuhi indikator penjumlahan bilangan bulat yang sudah ditetapkan. Sedangkan, setelah penerapan media video pembelajaran terdapat 25 dari 26 siswa yang memenuhi 5 indikator penjumlahan bilangan bulat. Walaupun begitu, pembelajaran matematika menggunakan media video pada materi penjumlahan bilangan bulat belum mencapai ketuntasan kelas yaitu 100%.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bilangan bulat, Penjumlahan, Video pembelajaran
Subjects: Mathematical Sciences
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 18 Apr 2023 05:41
Last Modified: 18 Apr 2023 05:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15641

Actions (login required)

View Item
View Item