Inovasi pengelolaan keuangan desa: rekonsiliasi penerimaan transfer antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa secara online menggunakan aplikasi sistem informasi transfer ke desa (studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Pati)

Heny, Wijayanti and Rizal, Fardani (2022) Inovasi pengelolaan keuangan desa: rekonsiliasi penerimaan transfer antara pemerintah kabupaten dengan pemerintah desa secara online menggunakan aplikasi sistem informasi transfer ke desa (studi kasus pada Pemerintah Kabupaten Pati). Jurnal Managemen, Transportasi, Ekonomi, dan Logistik, 1 (2): 2. pp. 9-18. ISSN 2808-4276

[thumbnail of Jurnal_ Heny Wijayanti_Pemerintah Daerah Kabupaten Pati_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_ Heny Wijayanti_Pemerintah Daerah Kabupaten Pati_2022.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
Official URL: http://poltekun.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisa tentang prosedur penggunaan aplikasi siskeudes secara parsial, Proses bisnis aplikasi simtrades sebagai alat bantu dalam melaksanakan rekonsiliasi dana transfer dengan Pemerintah Desa dan bagaimana dampak atas pelaksanaan inovasi rekonsiliasi dana transfer antara Pemerintah Kabupaten Pati dengan Pemerintah Desa di Kabupaten Pati. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif, dimana peneliti akan mengkaji lebih mendalam, mendiskripsikan, menguraikan dan menjelaskan tentang evaluasi pelaksanaan inovasi rekonsiliasi dana transfer menggunakan integrasi Aplikasi Sistem Informasi Transfer ke Desa (simtrades) dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (siskeudes). Berdasarkan hasil penelitian, pelaksanaan inovasi ini adalah sebagai inovasi baru di dalam tata kelola keuangan Pemerintah Desa. Keberhasilan ini didukung oleh aktor yang terlibat dalam membuat dan mengembangkan proses bisnis aplikasi simtrades. Kemudian berdasarkanpengamatan yang dilakukan terhadap aparatur desa, semua aparatur menyambut baik inovasi ini dan dapat digunakan dalam perbaikan tata kelola penerimaan transfer desa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pengelolaan keuangan desa, Rekonsiliasi dana transfer
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Finance
Administration & Management > Public Administration & Government
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 17 Apr 2023 05:36
Last Modified: 17 Apr 2023 05:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item
View Item