Pemukiman kuno di Desa Hamarung, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (An old settlement in Hamarung Village, Juai District, Balanagn Regency, South Kalimantan)

Sunarningsih, Sunarningsih (2019) Pemukiman kuno di Desa Hamarung, Kecamatan Juai, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (An old settlement in Hamarung Village, Juai District, Balanagn Regency, South Kalimantan). Naditira Widya, 13 (2): 3. pp. 105-120. ISSN 1410 - 0932

[thumbnail of 396] Text
396 - Published Version

Download (47kB)

Abstract

Pemukiman kuno yang ditemukan di wilayah Kalimantan pada umumnya berada di tepian aliran sungai, baik sungai besar (utama), maupun sungai kecil (anak sungai). Demikian juga yang terlihat di situs Hamarung, berada di tepi Sungai Campan, di Kalimantan Selatan. Pemukiman kuno ini sekarang berada di areal kebun karet, masyarakat sekarang tidak lagi memanfaatkannya sebagai tempat tinggal. Pemukiman yang baru pindah ke tepi jalan darat yang dibangun kemudian. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan cara bermukim masyarakat Hamarung pada masa lalu dan kronologi pemukiman kuno Hamarung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, survei, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemukiman kuno Hamarung berada di dua sisi Sungai Ninian lama yang sudah mati. Pemukiman kuno Hamarung dilengkapi dengan sebuah bangunan masjid dan kuburan muslim. Secara kronologis pemukiman kuno Hamarung dihuni pada masa Islam sampai dengan abad ke-19 Masehi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kalimantan Selatan, Hamarung, Pemukiman kuno, Desa tepi sungai, Keramik asing, Manik-manik
Subjects: Social and Political Sciences > Archaeology
Depositing User: Anif Maulidiawati
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:29
Last Modified: 17 Apr 2023 04:29
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15554

Actions (login required)

View Item
View Item