Pengaruh implementasi digital marketing dan customer relationship marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang pada kafe kisah kita ngopi

Yosef Evandro Ernantyo and Timotius Febry (2022) Pengaruh implementasi digital marketing dan customer relationship marketing terhadap kepuasan konsumen dan minat beli ulang pada kafe kisah kita ngopi. Konsumen & Konsumsi: Jurnal Manajemen, 1 (2): 3. pp. 107-128. ISSN 2808-4667

[thumbnail of Jurnal_Yosef Evandro Ernantyo_Universitas Ciputra Surabaya_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Yosef Evandro Ernantyo_Universitas Ciputra Surabaya_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (759kB) | Preview

Abstract

Salah satu pendekatan manajemen hubungan pelanggan dalam konteks pemasaran adalah pemasaran hubungan pelanggan (customer relationship marketing) dimana penerapannya didasarkan pada fenomena: (1) Penelusuran online pelanggan merupakan indikasi terbentuknya minat beli; dan (2) Pelanggan mengalokasikan waktu penelusuran online menggunakan media sosial dan situs web. Fenomena ini menjadi peluang bagi perusahaan untuk menarik konsumen baru, yakni dengan memahami pengaruh pemasaran digital (digital marketing) dan pemasaran hubungan pelanggan (customer relationship marketing) terhadap kepuasan dan minat beli ulang. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap minat beli ulang; 2) Untuk mengetahui pengaruh customer relationship marketing terhadap minat beli ulang; 3) Untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap minat beli ulang; 4) Untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap kepuasan; 5) Untuk mengetahui pengaruh customer relationship marketing terhadap kepuasan. Subyek Penelitian adalah pelanggan Kafe Kisah Kita Ngopi di Sidoarjo - Surabaya. Uji hipotesis dilakukan dengan metode Structural Equation Modelling dengan menggunakan PLS. Hasil penelitian adalah: 1) Digital marketing tidak memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang pelanggan Kafé Kisah Kita Ngopi; 2) Customer relationship marketing memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang pelanggan Kafe Kisah Kita Ngopi; 3) Kepuasan berpengaruh terhadap minat beli ulang pelanggan Kafe Kisah Kita Ngopi; 4) Digital marketing tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pelanggan Kafe Kisah Kita Ngopi; dan 5) Customer relationship marketing berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Kafe Kisah Kita Ngopi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media sosial, Customer relationship marketing, Kepuasan pelanggan, Minat beli ulang
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 14 Apr 2023 08:06
Last Modified: 15 Apr 2023 08:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15527

Actions (login required)

View Item
View Item