Pengelolaan Warisan Budaya Pura Tanah Lot sebagai Daya Tarik Wisata di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan

A.A. Rai Sita Laksmi (2014) Pengelolaan Warisan Budaya Pura Tanah Lot sebagai Daya Tarik Wisata di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Tabanan. Forum Arkeologi, 27 (3). pp. 207-218. ISSN 0854-3232

[thumbnail of 32] Text
32 - Published Version

Download (34kB)

Abstract

Ancaman eksistensi warisan budaya sebagai daya tarik wisata di Bali merupakan isu global yang penting mendapat perhatian publik. Salah satu warisan budaya Bali yang menarik kunjungan wisatawan adalah Pura Tanah Lot. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi dan memahami proses dan manfaat pengelolaan warisan budaya Pura Tanah Lot sebagai daya tarik wisata.
Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan,proses pengelolaan Pura Tanah Lot sebagai daya tarik wisata dilakukan oleh pangempon, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Pengelolaan Pura Tanah Lot sebagai daya tarik wisata bermanfaat ekonomi, pelestarian warisan budaya, dan pengembangan industri kepariwisataan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, warisan budaya, pura tanah lot, daya tarik wisata.
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Archaeology
Divisions: OR_Arkeologi_Bahasa_dan_Sastra > Arkeologi_Prasejarah_dan_Sejarah
Depositing User: Ni Nyoman Mei Antari
Date Deposited: 14 Apr 2023 08:10
Last Modified: 15 Apr 2023 08:11
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15500

Actions (login required)

View Item
View Item