Analisis fraksi bakar elemen bakar silisida (RISIE2) secara pengukuran ¹³⁴Cs/¹³⁷Cs

Siti Amini and Lukman Hakim and Antonio Gogo and Hudi Hastowo (1995) Analisis fraksi bakar elemen bakar silisida (RISIE2) secara pengukuran ¹³⁴Cs/¹³⁷Cs. In: Proceedings Seminar Sains dan Teknologi Nuklir PPTN-BATAN, 21-22 Maret 1995, Bandung.

[thumbnail of Prosiding_Siti Amini_Pusat Elemen Bakar Nuklir_1995.pdf]
Preview
Text
Prosiding_Siti Amini_Pusat Elemen Bakar Nuklir_1995.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://-

Abstract

Penentuan fraksi bakar elemen bakar nuklir jenis uranium silisida(RISIE2) hasil pabrikasi Pusat Elemen Bakar Nuklir telah dilakukan dengan metode uji tak merusak (spektrometri-γ ) berdasarkan angka banding isotop ¹³⁴Cs/¹³⁷Cs. Pengujian diterapkan terhadap perangkat elemen bakar bekas utuh) maupun kepada beberapa pelat penyusunnya, yaitu pelat nomor 12 dan 20. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan nilai fraksi bakar yang signifikan. Nilai fraksi bakar perangkat elemen bakar yang dihitung berdasarkan pengukuran rerata pelat menunjukkan nilai lebih tinggi. dengan faktor koreksi 1,32 dibandingkan dengan pengukuran langsung pada perangkat elemen bakar. Nilai fraksi bakar perangkat elemen bakar maksimum dengan pengukuran langsung adalah 37,00 %.Sedangkan niai fraksi bakar perangkat elemen bakar yang didasarkan pada perhitungan nilai rerata fraksi bakar pelat adalah 48,96 % di mana pada tingkat kepercayaan 95 %, sesuai dengan perhitungan yang dihasilkan melalui program IAFUEL yang dilakukan di PRSG G.A.Siwabessy, yaitu 50.29 %.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Taksonomi BATAN > Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Bakar Nuklir > Teknik Karakterisasi Bahan Bakar Nuklir
Divisions: BATAN > Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir
IPTEK > BATAN > Pusat Teknologi Bahan Bakar Nuklir
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 14 Apr 2023 03:51
Last Modified: 18 Apr 2023 02:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15476

Actions (login required)

View Item
View Item