Salsa Nafisatul Umami and Dina Safira Oktavia and Apriliana Sani and Nasikhin (2022) Kekhasan pendidikan Madrasah dalam tinjauan filosofis. Al-Astar: Journal of Islamic Studies, 1 (2): 5. pp. 75-87. ISSN 2829-3339
Jurnal_Salsa Nafisatul Umami_UIN Walisongo Semarang_2022.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (226kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Kekhasan Pendidikan Madrasah Dalam Tinjauan Filosofis. Penelitian ini menggunakan metode library research (pustaka) untuk menggali informasi terkait tema Kekhasan Pendidikan Madrasah Dalam Tinjauan Filosofis. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh data penelitian yang menunjukkan bahwa pertama madrasah dalam tinjauan ontologis adalah bangunan yang digunakan pendidik dan peserta didik muslim untuk kegiatan belajar mengajar.Berdasarkan materi kurikulum, madrasah juga mengajarkan pengetahuan umum yang sama dengan sekolah-sekolah umum sederajat, namun yang membedakan madrasah dengan sekolah umum yaitu pengetahuan agama lebih banyak diberikan. Kedua, karakter madrasah dalam tinjauan epistimologis, yaitu: madrasah sebagai tempat pewarisan nilai-nilai ahl al-sunnah wa al-jama'ah; madrasah tumbuh dan berkembang karena kerjasama kiai dan masyarakat; madrasah bertahan atas dasar kepercayaan masyarakat; madrasah adalah lembaga pendidikan bagi rakyat banyak. Ketiga, dalam tinjauan aksiologis madrasah merupakan produk budaya masyarakat muslim dan merupakan bagian dari budaya Islam. Madrasah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat muslim secara keseluruhan sebagai pemilik budaya Islam. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam menambah wawasan tentang kekhasan pendidikan madrasah dalam tinjauan filosofis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Filosofis, Madrasah, Masyarakat, Karakter |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 14 Apr 2023 02:16 |
Last Modified: | 14 Apr 2023 03:29 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/15473 |