Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye perspektif civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah (analisis tokoh dan konflik) tahun akademik 2022-2023

Maulidah Rahmah and Neneng Sulasmi and Kholilurrahim (2022) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Rindu karya Tere Liye perspektif civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Mempawah (analisis tokoh dan konflik) tahun akademik 2022-2023. Al-Astar: Journal of Islamic Studies, 1 (2): 1. pp. 1-19. ISSN 2829-3339

[thumbnail of Jurnal_Maulidah Rahmah_Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Maulidah Rahmah_Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (387kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang menganalisis nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam sebuah bahan bacaan yaitu novel, dengan novel Rindu karya Tere Liye sebagai objek yang di teliti. Penelitian ini bertujuan untuk mencari nilai pendidikan karakter serta hikmah dari membaca novel tersebut, dengan menganalisis tokoh serta konflik yang terdapat dalam cerita novel ini.Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatifdan metode fenomenologi dalam bidang pendidikan, karenanya untuk memperoleh data peneliti mesti memahami betul isi dari objek penelitian yaitu novel Rindu karya tere Liye ini, serta peneliti juga pasti memerlukan wawancara mengenai fenomena yang di alami dari membaca novel tersebut. Penelitian ini akan melibatkan anggota civitas akademika Sekolah Tinggi Agama Islam Mempawah, yaitu terdiri dari dosen, staf pegawai dan mahasiswa yang akan dipilih beberapa orang sebagai pemberi informan.Melalui teknik pengambilan data dengan cara wawancara kemudian dianalisissesuai kebutuhan maka menghasilkan temuan-temuan berikut: Pertama: terdapat beberapa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Rindu karya Tere Liye:1) bertaubat dengan sunggug-sungguh;2) kewajiban berbakti kepada orang tua; 3)keikhlasan akan yang terjadi dimasa lalu; 4) berani; 5) tidak memikirkan pendapat orang lain; 6) berkhusnudzon kepada Allah; 7) bekerja keras; 8) tidak ada batasan waktu untuk belajar; 9) menerima ketentuan Allah; 10) pantang menyerah; 11) bertanggung jawab; 12) saling membantu; 13)tidak menghina masa lalu seseorang; 14) menutup aib orang lain; 15) menjaga perasaan orang lain . Kedua: hikmah yang didapat setelah membaca novel Rindu karya Tere Liye: 1) setiap anak berbakti kepada orang tua bagaimanapun sikap orang tua dan apapun yang dilakukanya; 2) bertaubat dan berkhusnudzon kepada Allah akan apapun yang di takdirkan; 3) bekerja keras demi mencapai tujuan, pantang menyerah dan tidak putus asa; 4)pantang menyerah dan tidak berputus asa akan segala cobaan; 5) bertanggung jawab akan kewajiban beribadah; 6)saling membantu tanpa melihat latar belakang seseorang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai pendidikan karakter, Tokoh dan konflik dalam novel Rindu karya Tere Liye
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Apr 2023 07:36
Last Modified: 16 Apr 2023 15:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15452

Actions (login required)

View Item
View Item