Pengaruh promosi kesehatan pada swamedikasi penggunaan vitamin di era pandemi Covid-19 dengan metode cara belajar insan aktif (CBIA)

Endah, Sri Letari and Titien, Siwi Hartayu and Nunung, Priyatni (2022) Pengaruh promosi kesehatan pada swamedikasi penggunaan vitamin di era pandemi Covid-19 dengan metode cara belajar insan aktif (CBIA). Jurnal Farmasi dan Kesehatan Indonesia, 2 (2): 5. pp. 47-58. ISSN 2776-4818

[thumbnail of Jurnal_Endah Sri Letari_Universitas Sanata Dharma Yogyakarta_2022.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Endah Sri Letari_Universitas Sanata Dharma Yogyakarta_2022.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (441kB) | Preview

Abstract

Pandemi Covid -19 yang ditetapkan pada awal tahun 2020 menuntut masyarakat untuk melakukan perubahan terkait kebiasaan pola hidup sehari – hari. Mulai dari membatasi diri untuk berinteraksi atau Social distancyng, menggunakan masker, serta sering mencuci tangan.Masyarakat juga dituntut mempertahankan daya tahan tubuh agar terhindar dari Covid-19, yang dilakukan dengan mengkonsumsi berbagai macam vitamin dan suplemen.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan tindakan Ibu-Ibu PKK diwilayah kampung Sorowajan, Kelurahan Panggungharjo, Kecamatan Sewon,Kabupaten Bantul dalam menggunakan vitamin di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan quasi experiment dengan pretest-postest design with control group. Instrumen penelitian ini menggunakan booklet dan kuesioner.Kriteria inklusi adalah ibu – ibu anggota PKK usia antara 20 – 60 tahun, bisa membaca dan menulis, tidak bekerja di lingkungan kesehatan dan tidak merupakan lulusan sekolah kesehatan. Kriteria eksklusi adalah ibu anggota PKK tidak hadir saat pertemuan.Uji normalitas menggunakan metode Kolmogorov-Smirnov menunjukkan variabelpengetahuan tidak normal. Pada uji homogenitas dengan metode Levene diperoleh hasil bahwa kedua kelompok homogen P > 0,05. Uji statistik dilanjutkan dengan metode Wilcoxon yang menunjukkan bahwa terjadi perubahan signifikan pada variabel pengetahuan pretest – postest I pada kelompok intervensi p<0,05 sehingga Ho ditolak. Pada variabel sikap diperoleh hasil Ho diterima pada kelompok intervensi nilai P> 0,05 dan Ho ditolak pada kelompok kontrol dengan nilai P<0,05. Variabel tindakan menunjukkan perubahan signifikan dimana Ho ditolak pada kelompok intervensi dan kontrol. Dengan demikian metode CBIA efektif untuk meningkatkan pengetahuan dan tindakan penggunaan vitamin diera Covid-19.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: CBIA, Covid-19, Swamedikasi, Vitamin
Subjects: Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Apr 2023 04:31
Last Modified: 06 Apr 2023 04:31
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item
View Item