Penggunaan bahan perekat Epoxy resin dan Cyanoacrylate pada konservasi koleksi fosil di museum manusia purba Sangiran, Jawa tengah (The use of Epoxy resin dan Cyanoacrylate Adhesives in the conservation of fossil collections at the sangiran museum of early man, Central Java)

Pratamanita, Widi Rahayu and Andi, Putranto (2021) Penggunaan bahan perekat Epoxy resin dan Cyanoacrylate pada konservasi koleksi fosil di museum manusia purba Sangiran, Jawa tengah (The use of Epoxy resin dan Cyanoacrylate Adhesives in the conservation of fossil collections at the sangiran museum of early man, Central Java). Naditira Widya, 15 (1): 4. pp. 43-58. ISSN 1410 - 0932

[thumbnail of 454] Text
454 - Published Version

Download (45kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian museologi dengan pokok bahasan konservasi koleksi museum, terutama penggunaan bahan perekat terhadap koleksi museum. Permasalahan yang dibahas adalah dampak penggunaan bahan perekat terhadap koleksi fosil di Museum Manusia Purba Sangiran. Tujuan penelitian adalah untuk memahami metode konservasi fosil serta mengetahui jenis bahan perekat yang paling baik untuk digunakan dalam kegiatan konservasi fosil. Penelitian ini bersifat deskriptif-eksploratif dan menggunakan metode penalaran induktif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan mengamati sampel yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fosil yang direkatkan dengan epoksi resin mengalami perubahan warna menjadi gelap kehitaman dan terdapat endapan residu resin pada permukaan fosil. Sementara itu, terdapat residu transparan mengilap di permukaan fosil yang direkatkan dengan lem cyanoacrylate.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Museologi, Konservasi, Fosil, Bahan perekat, Sangiran
Subjects: Social and Political Sciences > Archaeology
Depositing User: Anif Maulidiawati
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:50
Last Modified: 05 Apr 2023 04:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15286

Actions (login required)

View Item
View Item