Analisis penerapan pelayanan prima (studi kasus pada kantor Kecamatan Alasa Talumuzoi Kabupaten Nias Utara)

Syukur, Kasieli Hulu (2022) Analisis penerapan pelayanan prima (studi kasus pada kantor Kecamatan Alasa Talumuzoi Kabupaten Nias Utara). Jurnal Akuntansi, Manajemen dan Ekonomi (Jamane), 1 (1): 19. pp. 160-167. ISSN 2829-8888

[thumbnail of Jurnal_Syukur Kasieli Hulu_Universitas Nias_2022-19.pdf]
Preview
Text
Jurnal_Syukur Kasieli Hulu_Universitas Nias_2022-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (547kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelayanan prima pada Kantor Kecamatan Alasa Talumuzoi Kabupaten Nias Utara sudah diterapkan dan sesuai dengan yang diharapkan oleh masyarakat. Sampel penelitian ini merupakan sebagian dari jumlah populasi karena keterbatasan peneliti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) prosedur pelayanan, prosedur pelayannnya masih ribet, susah dilaksanakan sehingga masih belum sederhana dan masyarakat masih ada yang belum jelas mengenai prosedur alur pelayanan; (b) waktu penyelesaian, waktu penyelesaian pelayanan masih belum pasti, karena tidak diinformasikan kepada masyarakat; (c) biaya pelayanan, semua biaya penyelesaian pelayanan di Kantor Kecamatan Alasa Talumuzoi gratis; (d) produk pelayanan, tidak semua prosedur pelayanan diminta oleh masyarakat dan hasil/produk pelayanan legalitasnya sah serta dapat dijadikan jaminan di mata hukum; (e) sarana dan prasarana, sarana dan prasarana penunjang masih belum lengkap; (f) kompetensi petugas pemberi layanan, petugas sudah melayani masyarakat dengan ramah dan adil, serta telah bekerja sesuai bidang keahliannya masing-masing. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pelayanan prima di Kantor Kecamatan Alasa Talumuzoi diantaranya: masyarakat belum memahami alur prosedur pelayanan, sarana berupa papan pengumuman belum ada, dan tempat parkir masih sempit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pelayanan prima, Prosedur pelayanan, Kualitas pelayanan
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Administration & Management > Public Administration & Government
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 05 Apr 2023 04:40
Last Modified: 05 Apr 2023 04:40
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/15283

Actions (login required)

View Item
View Item